Curahan rasa dari sebuah perjalanan dan persinggahan hidup

Hidup adalah nikmat yang paling besar yang dianugerahkan pada makhluknya terutama makhluk yang bernama manusia. Betapa tidak, banyak manusia berkorban harta untuk tetap sehat jika sedang sakit. Semua itu untuk mempertahankan kelangsungan hidup.
Hidup tidaklah sekedar hanya hidup saja, melainkan sesuatu hal yang sangat kompleks meliputi berbagai aspek. Misal dari aspek agama, hidup di dunia adalah bagaimana cara manusia untuk melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, dan meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah SWT. Juga untuk mencari bekal kehidupan berikutnya yang lebih langgeng lagi yaitu di akhirat.
Jika ditinjau dari aspek sosial, hidup adalah bagaimana cara berhubungan, berinteraksi dengan sesama manusia.Antara manusia satu dengan yang lainnya saling adanya ketergantungan, tidak dapat berdiri sendiri atau tidak mampu untuk hidup sendiri tanpa bantuan manusia lainnya. Dalam konteks inilah berlaku berbagai macam aturan-aturan yang harus dipatuhi, mulai dari tingkatan kecil sampai tingkatan yang paling besar dalam lingkup negara.Dalam aspek ini juga berkaitan dengan bagaimana cara mempertahankan hidup, yaitu dengan mencari penghasilan agar dapat memenuhi semua kebutuhan hidup, seperti pangan, sandang, papan dan sebagainya.

Berkaitan dengan aspek sosial kemanusiaan, banyak hal yang tercipta sebagai akibat dari bagaimana cara manusia untuk mempertahankan hidup seperti sudah disampaikan di atas.Kerasnya persaingan dalam mempertahankan hidup sering menghasilkan benturan-benturan. Negara yang mengatur hajat hidup orang banyak dalam hal ini harus mampu memfasilitasi semua warganya yang bernama manusia.
Namun dalam kenyataannya, tidaklah mungkin semua bisa terpenuhi. Contoh nyata bahwa fakta mengatakan bahwa kita masih merupakan negara miskin di tengah-tengah glamornya kecanggihan teknologi. Masih banyak manusia yang susah untuk mencari sesuap nasi. Masih banyak jiwa yang tidak tertolong ketika sakit karena tidak mampu membayar biaya pengobatan.
Dari segi aturan main, juga masih banyak yang tidak berpihak pada kepentingan dan hajat hidup orang banyak, meski dalam UUD 1945 sudah nyata dan tegas bahwa hajat hidup orang banyak di atur dan ditanggung oleh negara sebagai organisasi tertinggi yang mengatur hidup manusia dalam aspek sosial kemasyarakatan.
Namun..dalam pelaksanannya yang terpenuhi hanyalah hajat hidup segelintir makhluk manusia saja.

Itulah sekelumit hal sebagai kata pengantar dalam blog ini.
Blog yang sangat sederhana ini juga tercipta karena benturan-benturan aturan main penguasa dengan judul : PENATAAN.

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar anda disini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites